Jawaban Hal Yang Perlu dicantumkan Dalam Bab Pendahuluan Sebuah Karya Tulis Adalah

Berikut adalah kunci jawaban dan pembahasan terkait soal: Hal Yang Perlu Dicantumkan Dalam Bab Pendahuluan Sebuah Karya Tulis Adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas.

Pertanyaan:

Hal yang perlu perlu dicantumkan pada bab pendahuluan sebuah karya tulis adalah ….

A. Tujuan Penelitian

B. Instrumen penelitian

C. Daftar riwayat hidup

D. Teknik pengumpulan data

E. Langkah-langkah penelitian

Jawaban: A. Tujuan Penelitian

Pembahasan:

Tulisan yang berisi hasil penelitian yang disusun sesuai dengan kaidah ilmiah disebut sebagai karya ilmiah. Penelitian tersebut berupa fenomena-fenomana alam, sosial, budaya, ekonomi, teknologi, agama, dan seni yang didasarkan pada kenyataan (fakta). Karya ilmiah mencakup hal-hal yang bersifat empiris. Penelitian dapat berupa uji coba atau penelitian kepustakaan.

Karya Ilmiah memiliki tiga bentuk, yaitu Populer, Semiformal, dan bentuk formal.

  • Bentuk Populer ini bersifat bebas, maksudnya masih tetap sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah. Karya yang menggunakan bentuk ini biasanya karya ringkas. Ragam bahasanya santai (populer), topik akbar, dan biasanya berada di surat kabar.
  • Bentuk Semiformal biasanya digunakan untuk penulisan laporan atau makalah, misalnya tugas perkuliahan mahasiswa.
  • Bentuk Formal disusun secara lengkap dengan semua unsurnya terpenuhi. Misalnya skripsi yang dibuat oleh mahasiswa jenjang S1, tesis yang dibuat oleh mahasiswa S2, dan disertasi yang dibuat oleh mahasiswa S3, disusun sesuai dengan unsur kelengkapan akademis.

Struktur Karya Ilmiah

  1. Judul Judul mencerminkan isi karya ilmiah. Judul ditulis menggunakan dua cara, yaitu menggunakan huruf kapital pada semua kata tanpa kecuali dan menggunakan huruf kapital pada setiap kata kecuali kata hubung dan kata depan, tetapi kedua cara tersebut tidak diakhiri tanda titik.
  2. Kata Pengantar Bagian ini merupakan bagian awal karya ilmiah yang terdiri dari ucapan syukur dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu (terlibat) dalam penulisan. Pendahuluan Latar belakang masalah penulis memaparkan alasan-alasan melakukan penelitian terhadap objek tersebut. Rumusan masalah merupakan masalah-masalah yang dianggap membutuhkan pemecahan. Pada bagian ini dinyatakan menggunakan kalimat tanya (apa, bagaimana, dan mengapa). Tujuan bagian ini memaparkan tujuan dari penelitian. Tujuan dapat kita tentukan dari jawaban dari rumusan masalah. Manfaat merupakan bagian dari pemaparan manfaat dari penelitian yang dilakukan.
  3. Kerangka Teoretis Kerangka Teoretis juga disebut dengan kajian pustaka atau landasan teori. Bagian ini memaparkan kerangka pemikiran dan hipotesis. Materi-materi yang berhubungan dengan objek dipaparkan pada bagian kerangka teoretis. Tujuan dari kerangka teoretis adalah menambah wawasan dan pengetahuan terkait objek yang diteliti. 
  4. Metodologi Penelitian Metode yang digunakan dalam peneltian. Prosedur langkah-langkah penelitian yang digunakan dalam penelitian. 
  5. Isi Bagian isi berisi pembahasan, berisi pokok-pokok penelitian. Penjabaran dan pemaparan jawaban dari rumusan masalah. 
  6. Penutup Bagian ini terdiri dari simpulan dan saran. Simpulan merupakan simpul dari masalah yang menjadi objek penelitian. Bagian ini merupakan pemaknaan kembali dari pembahasan yang mencakup jawaban dari rumusan masalah. Saran merupakan hal-hal yang menjadi rekomendasi demi kebaikan karya ilmiah. Saran merupakan tindak lanjut dari hasil simpulan.
  7. Daftar Pustaka Bagian ini memuat semua yang terkait dengan kepustaan yang digunakan sebagai landasan penelitian. Daftar pustaka disusun runtut berdasarkan alfabetis. Susunan daftar pustaka Nama belakang, nama depan. Tahun. Judul. Kota penerbit: Penerbit.
Kunci Jawaban Lainnya:  Sebutkan peranan nyata ASEAN dalam Lancaster Internasional!

Pada soal di atas, kita diminta menentukan bagian yang terdapat dalam pendahuluan. Pada bagian pendahuluan terdapat alasan-alasan penulis mengapa memilih objek untuk diteliti atau dibuat karya ilmiah.

Selain berupa alasan-alasan, terdapat rumusan masalah yang berupa kalimat-kalimat tanya untuk menanyakan tentang masalah-masalah yang akan dipecahkan.

Pada bagian pendahuluan juga terdapat tujuan dari penelitian. Pada bagian tujuan penulis menjawab rumusan masalah sebagai tujuan penelitian, serta manfaat apa yang kita maksudnkan, siapa yang bisa memanfaatkan penetian tersebut.

Jadi, pada bagian pendahuluan itu terdapat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian.