Jawaban Bagaimana beralih teks pro ke teks kontra pada teks diskusi " kewajiban membayar pajak"

Apakah Kamu ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan: Bagaimana beralih teks pro ke teks kontra pada teks diskusi ” kewajiban membayar pajak”, maka kamu berada di website yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban terkait pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut pembahasan di bawah ini.

Pertanyaan

Bagaimana beralih teks pro ke teks kontra pada teks diskusi ” kewajiban membayar pajak”

Jawaban #1 dari Pertanyaan: Bagaimana beralih teks pro ke teks kontra pada teks diskusi ” kewajiban membayar pajak”

Sudut pandang adalah salah satu unsur intrinsik yang terdapat pada karya sastra dan menyajikan cara penulis menyampaikan gagasannya di dalam tulisan. Secara garis besar, sudut pandang dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu sudut pandang orang pertama, kedua, dan ketiga.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menjabarkan cara penulis teks tentang kewajiban membayar pajak beralih dari argumen pro menjadi argumen kontra. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

PADA TULISAN TENTANG KEWAJIBAN MEMBAYAR PAJAK, PENULIS BERALIH DARI SUDUT PANDANG PRO KE KONTRA DENGAN MENYAJIKAN PERTENTANGAN PANDANGAN DAN SIKAP MASYARAKAT TENTANG ALASAN MEREKA HARUS MEMBAYAR PAJAK, MULAI DARI MARAKNYA TINDAK KORUPSI HINGGA MENGANGGAP PEMBANGUNAN MERUPAKAN KEWAJIBAN PEMERINTAH, TAK PERLU KEWAJIBAN MASYARAKAT UNTUK MEMBAYAR PAJAK. DI SISI LAIN, SANG PENULIS MENYAJIKAN ADANYA KEWAJIBAN YANG TERTANAM DALAM SETIAP WARGA NEGARA UNTUK MENCINTAI NEGARANYA DENGAN AKTIF BEKERJA SAMA MEMBANGUN NEGERI.

Sebagai rujukan, berikut kakak sertakan kutipan teks tersebut.

Kesadaran rakyat Indonesia membayar pajak masih sangat  rendah. Sementara penerimaan negara selama lima tahun terakhir  75–85% berasal dari penerimaan pajak. Haruskah kita berutang terus  dengan bangsa asing?

Kemandirian bangsa Indonesia akan tercapai jika kesadaran rakyat  membayar pajak sudah tinggi. Sumber pembiayaan negara terbagi  tiga: pinjaman luar negeri dan dalam negeri, penjualan sumber daya  alam, dan penerimaan pajak. Utang luar negeri dan dalam negeri  dapat memberatkan posisi APBN RI karena utang luar negeri tersebut  harus dibayarkan beserta dengan bunganya. Negara akan dicap  sebagai negara miskin dan tukang utang  karena tidak mampu mengatasi perekonomi
an negara sendiri. Penjualan  sumber daya alam secara berlebihan dapat  menyebabkan kerusakan lingkungan atau  ekosistem, serta membuat sumber daya  alam tersebut menjadi langka. Penerimaan  negara melalui pajak merupakan satusatunya  sumber penerimaan negara yang  minim risiko, serta dapat meningkatkan  kemandirian bangsa.

Kunci Jawaban Lainnya:  Jawaban 3. Pernyataan yang benar terkait dengan jumlah kromosom spermatogonium dan spermatozoa adalah .... A...

Pertumbuhan ekonomi Indonesia menurut data World Bank  tahun 2014, Growth Domestic Product Indonesia menduduki peringkat  16 besar tertinggi di dunia. Potensi kemandirian Indonesia sangat  tinggi. Sayangnya, dalam lima tahun terakhir, tax ratio cukup rendah  dan target pajak tidak tercapai yang salah satunya disebabkan oleh  rendahnya tingkat kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan  kewajiban perpajakannya. Hanya tingkat kepatuhan wajib pajak badan  55% dan 25% tingkat kepatuhan wajib pajak perorangan. Di lain pihak,  penerimaan negara dari penjualan sumber daya alam semakin mengecil  sejak tahun 1982. Sebelumnya primadona penerimaan negara adalah  dari penjualan sumber daya alam. Kemandirian bangsa ke depan sangat  tergantung kepada kesadaran rakyat membayar pajak.

Banyak juga orang yang merasa tidak perlu menyumbang kepada  negara. Mereka berpikir negaralah yang harus menyejahterakan  rakyatnya. Mereka adalah sekelompok masyarakat kontraprestasi  pajak, menolak membayar pajak dengan melakukan demonstrasi.  Padahal, mereka justru kelompok penikmat pajak, bukan pembayar  pajak yang juga dikenal sebagai anggota masyarakat yang tergolong  sebagai penikmat pajak tanpa berkontribusi. Yang patut disayangkan,  ada juga anggota masyarakat yang merusak fasilitas umum yang  dibiayai oleh pajak. Tindakan ini seperti merusak barang yang kita beli dengan keringat sendiri. Siswa atau mahasiswa yang malas belajar  tidak gigih menuntut ilmu pun termasuk kelompok ini karena semua  fasilitas pendidikan dibiayai oleh pajak.

Kelompok kontraprestasi lainnya adalah yang kecewa karena  anggaran negara yang dibiayai pajak itu dikorupsi. Mereka berpikir  untuk apa bayar pajak jika untuk dikorupsi. Korupsi tindakan yang  sangat salah, tidak membayar pajak juga sangat salah. Koruptor dan  wajib pajak yang tidak membayar pajak adalah warga negara yang  tidak membela negaranya. Mereka jenis warga yang bertentangan  dengan tujuan negara untuk menyejahterakan rakyatnya.  

Kunci Jawaban Lainnya:  Jawaban kaisar romawi yg membagi dua kekaisaran?

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang sudut pandang:

https://brainly.co.id/tugas/14580866

Detil jawaban

Kelas: IX

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 3 – Fakta dan opini

Kode kategori: 9.1.3

Kata kunci: tulisan, sudut pandang, penyajian, gagasan, wawasan, orang pertama, orang kedua, orang ketiga, pro, kontra, teks diskusi, kewajiban, kesadaran membayar pajak

Demikian Kunci Jawaban terkait pertanyaan Bagaimana beralih teks pro ke teks kontra pada teks diskusi ” kewajiban membayar pajak”, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan tugas ataupun PR Kamu dengan mudah.