Jawaban Jelaskan mengapa perlu analisis transaksi dan jelaskan mekanisme debit dan kredit!​

Apakah Kamu ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan: Jelaskan mengapa perlu analisis transaksi dan jelaskan mekanisme debit dan kredit!​, maka kamu berada di website yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban terkait pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut pembahasan di bawah ini.

Pertanyaan

Jelaskan mengapa perlu analisis transaksi dan jelaskan mekanisme debit dan kredit!​

Jawaban #1 dari Pertanyaan: Jelaskan mengapa perlu analisis transaksi dan jelaskan mekanisme debit dan kredit!​

Penjelasan:

Mekanisme Debit Kredit

Untuk menentukan apakah perkiraan terletak pada sisi debit atau pada sisi kredit, perhatikan tabel di bawah ini.

Golongan Perkiraan/Rekening/Akun Bertambah Berkurang

Harta Debit Kredit

Kewajiban/Utang Kredit Debit

Modal Kredit Debit

Pendapatan Kredit Debit

Beban Debit Kredit

Berdasarkan tabel di atas terdapat 5 (lima) kelompok akun, yaitu harta, utang, modal, pendapatan, dan Beban. Dalam pencatatan transaksi menggunakan mekanisme debit-kredit kelima akun tersebut mempunyai sifat yang berbeda-beda. Misalnya pada akun harta, apabila dari transaksi yang ada menyebabkan akun harta tersebut bertambah maka akan dicatat di kolom debit sebaliknya apabila dari transaksi yang ada menyebabkan akun harta tersebut berkurang maka akan dicatat di kolom kredit. Sifat yang sama yang dimiliki oleh akun harta ini adalah akun beban.

Sementara akun utang, modal, dan pendapatan, lain lagi sifatnya. Misalnya pada akun utang, apabila dari transaksi yang ada menyebabkan akun utang tersebut bertambah maka akan dicatat di kolom kredit sebaliknya apabila dari transaksi yang ada menyebabkan akun utang tersebut berkurang maka akan dicatat di kolom debit. Begitu juga sifatnya pada akun modal dan pendapatan.

Demikian Kunci Jawaban terkait pertanyaan Jelaskan mengapa perlu analisis transaksi dan jelaskan mekanisme debit dan kredit!​, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan tugas ataupun PR Kamu dengan mudah.

Kunci Jawaban Lainnya:  Jawaban Indonesia juga mengimpor beras dari Myanmar dan Thailand untuk memenuhi kebutuhannya. Indonesia meng...