Jawaban jelaskan secara singkat konflik di ukraina?

Apakah Kamu ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan: jelaskan secara singkat konflik di ukraina?, maka kamu berada di website yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban terkait pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut pembahasan di bawah ini.

Pertanyaan

jelaskan secara singkat konflik di ukraina?

Jawaban #1 dari Pertanyaan: jelaskan secara singkat konflik di ukraina?

Konflik di Ukraina dapat dikatakan sebagai sisa dari perang dingin. Semua bermula dari pecahnya negara Uni Soviet menjadi beberapa negara seperti Rusia, Armenia, dan 15 negara lainnya termasuk Ukraina.

Penjelasan:

Rusia dan Ukraina menjadi negara komunis yang sangat kuat saat bergabung menjadi Uni Soviet sebelum 1990 saat perang dingin. Namun pada 1991 Ukraina ingin memisahkan diri saat Uni Soviet dan Pakta Warsawa bubar.

Presiden Rusia saat itu Boris Yeltsin menyetujui. Namun dengan kesepakatan Rusia, Ukraina dan Belarusia mendirikan Commonwealth of Independent States (CIS). Ukraina lantas menanggap pembentukan CIS ini sebagai upaya Rusia mengendalikan negara-negara pecahan Uni Soviet.

Perpecahan terus terjadi hingga Mei 1997 Rusia dan Ukraina menandatangani perjanjian persahabatan untuk menghindari pecahnya perperangan. Perjanjian ini menghasilkan kesepakatan Rusia boleh memegang kendali penuh kapal di Pelabuhan Laut Hitam, Krimea, Ukraina. Maka Rusia harus membayar sewa ke Ukraina karena menggunakan Pelabuhan Sevastopol.

Namun di tahun 2014 hubungan Rusia dan Ukraina kembali memanas. Saat itu Rusia mengklaim kembali bahwa Ukraina berada di bawah kekuasaannya. Di tahun itu Rusia menyerbu Ukraina, merebut wilayah timur Ukraina dan mencaplok Krimea. Rusia juga mendukung gerakan separatis di Ukraina Timur, yaitu Donetsk dan Luhansk, untuk menentang pemerintah Ukraina.

Sehingga munculah gerakan revolusi menentang Rusia. Dari gerakan revolusi tersebut, Ukraina memiliki keinginan untuk bergabung dengan Uni Eropa  dan NATO. Hingga akhirnya kedua negara ini kembali melakukan Perjanjian Minsk.

Kunci Jawaban Lainnya:  Jawaban pembagian kekuasaan menurut jj resio dan jhon luck

Lalu muncul kembali isu penyerangan Rusia ke Ukraina di tahun 2021. Saat itu Rusia menambah pasukan baru di Ukraina Timur. Rusia juga melakukan pelatihan militer besar-besaran pada Januari 2022. Hingga akhirnya terjadi penyerangan Rusia ke Ukraina di Maret 2022.

Sebelum terjadi penyerangan sebenarnya Presiden Rusia Vladimir Putin sudah memperingatkan NATO untuk menarik semua aktivitas militer di Ukraina Timur dan jangan menerima Ukraina sebagai anggota Uni Eropa dan NATO. Rusia menganggap Negara Barat, NATO dan Uni Eropa hanya memperalat Ukraina untuk terus menyebabkan ketegangan di antara Rusia dan Ukraina.

Pelajari lebih lanjut:

1. Materi tentang latar belakang runtuhnya Uni Soviet https://brainly.co.id/tugas/32666326

2. Materi tentang Perang Dingin https://brainly.co.id/tugas/20883490

3. Materi tentang Perjanjian Minsk https://brainly.co.id/jawaban-buku/q-jelaskanlah-istilah-berikut-protokol-minsk

Detail Jawaban:

Kelas: 9

Mapel: SMP

Bab: 14 – Internasional dan Peran Indonesia dalam Dunia Internasional

Kode: 9.10.14

#AyoBelajar

Demikian Kunci Jawaban terkait pertanyaan jelaskan secara singkat konflik di ukraina?, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan tugas ataupun PR Kamu dengan mudah.